PNS masih Tetap Favorit dan Primadona Pencari Kerja

Senin, 06 Desember 2010

PELAMAR CPNS MEMBLUDAK
MEMADATI AREAL KANTOR BKD PROVINSI BALI

             Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bali dari tanggal 5 sampai dengan 20 Nopember 2010 telah membuka secara resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dari pelamar umum sebanyak 277 orang dengan berbagai disiplin ilmu, yang nantinya akan ditugaskan pada instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali.

            Antusias masyarakat untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi Bali sangat jelas terlihat dan tidak dapat dipungkiri dengan melihat jumlah pelamar yang memasukkan lamarannya tiap hari semakin meningkat. Jumlah pelamar dari hari pertama yaitu tanggal 5 Nopember 2010 sampai dengan tanggal 16 Nopember 2010 saja telah mencapai sebanyak 6.200 Pelamar dan diperkirakan lamaran yang masuk sampai dengan tanggal 20 Nopember 2010 akan mencapai 9 ribuan pelamar. Banyaknya lamaran yang masuk ini kemungkinan karena disebabkan syarat-syarat yang dicantumkan sangat mudah dan ringan.
Dari jumlah lamaran yang masuk ini membuktikan bahwa masyarakat sangat berharap bisa lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) karena menurut salah satu pelamar yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan PNS sekarang sudah semakin diperhatikan oleh Pemerintah terbukti dengan adanya kenaikan gaji tiap tahunnya, dan dalam situasi apapun tetap dapat menerima gaji (eksis), lain halnya dengan perusahaan swasta.
Pelamar yang sudah terdaftar dan langsung mendapatkan nomor ujian ini, berasal dari berbagai daerah sepertii, Jawa, Mataram dan lain-lain. Saking banyaknya pelamar sampai-sampai areal parkir yang ada di BKD tidak dapat menampung kendaraan para pelamar sehingga untuk sementara kendaraan para pelamar parkir di Kantor KPU Provinsi Bali.
            Para pedagang kaki lima juga tidak ketinggalan memanfaatkan keadaan ini dengan berdagang di areal KPU Provinsi Bali.
         Adapun dasar Pemerintah Provinsi Bali menyusun formasi CPNS adalah berdasarkan analisis kebutuhan dan penyediaan pegawai sesuai dengan jabatan yang tersedia dengan memperhatikan informasi jabatan yang disusun setiap tahun anggaran. Analisis kebutuhan ini dilakukan berdasarkan analisis terhadap jenis pekerjaan, sifat pekerjaan, beban kerja dan perkiraan kapasitas seorang PNS dalam jangka waktu tertentu, prinsp pelaksanaan pekerjaan dan peralatan/perlengkapan yang tersedia.
            Proses pengadaan CPNS dari pelamar umum dilakukan berdasarkan kebutuhan organisasi untuk mengisi formasi yang lowong, proses kegiatan pengisian formasi yang lowong di mulai dari perencanaan pengumuman, pelamaran, penyaringan, penutupan kelulusan, permintaan NIP sampai dengan Pengangkatan menjadi CPNS.
Dalam upaya memperoleh SDM PNS yang berkualitas pelamar wajib melaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) bagi semua pelamar, dapat melakukan tes kompetensi bidang (TKB) sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan oleh instansi masing-masing dan dapat melakukan materi ujian lainnya, termasuk ujian keterampilan yang bersifat praktik (di luar TKD danTKB) apabila di pandang perlu).
            Sedangkan pengangkatan honorer menjadi CPNS di prioritaskan untuk mengisi lowongan formasi tenaga pelayanan dasar (guru dan tenaga kesehatan), penyuluh dan tenaga teknis lainnya yang dilakukan melalui seleksi administrasi secara khusus. Tenaga honorer yang akan diangkat menjadi CPNS adalah tenaga honorer yang terdaftar dalam database BKN.(Pranata Humas BKD)

*Lihat juga Slideshow Suasana Pendaftaran CPNS 2010

Informasi